Sabtu, 05 April 2008

Manfaat tanaman hias

Terjun didunia tanaman hias bisa memperpanjang umur. Lebih dari itu tanaman hias bisa membuat kita senang. Kalau stress kita hilang, otomatis akan jadi lebih sehat dan berumur panjang. Tanaman hias merupakan benda hidup yang butuh perhatian ekstra. Merawatnya harus disesuaikan dengan sifat dari tanaman masing-masing .

Dirumahku yang pinggiran Jakarta Timur dengan halaman yang sedang-sedang saja untuk ukuranku sarat dengan berbagai tanaman hias. Mulai dari yang berbunga seperti anggrek sampai yang berdaun biasa saja maupun berdaun indah. Memang tanaman hias itu bisa mengurangi ketegangan pikiran. Betapa tidak ! Jika kesibukan rutin dari ngantor yang macet bukan main, kantorku dibilangan Jakarta Selatan, sampai urusan rumah tangga bisa bikin syaraf jadi kenceng. Nah, disini perlu relaksasi supaya tidak stress. Relaksasi berupa pengalihan dari permasalahan yang memeras kerja otak, yaitu dengan melakukan hal yang disukai. Kalau saya sudah melihat tanaman–tanaman hias bisa bikin rileks. Menatap tanaman bisa bikin hati tenang, suasana hijau dan teduh bikin suasana asri. Tanamanpun punya perasaan lho! Anggrek catleyaku yang lagi mekar saya sapa : Aduh,kamu cantik sekali deh! Percaya atau tidak

perlakuan sayang itu bisa bikin tanaman tumbuh sehat.

Ini merupakan hadiah si bunga tadi yang mampu menciptakan kepuasan batin dan ketenangan hidup. Bertaman adalah proses tak berkesudahan tentang sesuatu yang tumbuh alami. Kita bisa menyaksikan tanaman bertumbuh kembang sejak masih kecil, kemudian menjadi besar dan berbunga.

Saya sebetulnya lebih menyukai tanaman hias daun, meskipun beberapa anggrek menjadi pelengkap taman. Alasannya? Karena tanaman hias daun selalu indah sepanjang waktu. Kalau tanaman berbunga, ada masa bunga layu dan tak berbunga. Sementara tanaman berdaun indah sepanjang waktu bisa dilihat keasriannya.

Tidak ada komentar: