Sabtu, 12 April 2008

Dibuang sayang


Jika anda memiliki benda atau perabot yang usang jangan buru-buru dibuang. Bekas talenan kayu,bekas tempat sikat kamar mandi, bekas wadah deterjen,sampai buah kelapa yang masih bersabutpun bisa dimanfaatkan.
Ketika saya beli kadaka sengaja saya taruh dipohon dengan mengikatnya. Setelah bertahun-tahun kadaka semakin besar bak sebuah payung ,hingga tumbuh anakan disekitarnya.
Bagaimana cara menanam anakan kadaka pada benda-benda tersebut diatas bisa dikelompokkan sebagai berikut :



1. Bekas wadah dari plastik
Terlebih dulu wadah ini diberi lubang agar media porus.Letakkan media pakis kemudian anakan kadaka ditanam ditambah pakis lagi sampai penuh.Siram dan letakkan ditempat teduh sesuai habitat kadaka yang kurang tahan dengan matahari langsung.



2. Bekas talenan kayu.
Ikat anakan kadaka pada talenan kayu terlebih dulu diberi media . Agar memudahkan digantung buat tali dibagian atas talenan seperti contoh gambar. Setelah kadaka remaja sebaiknya tali-tali pengikat dilepas agar penampilan menarik.


3.Buah kelapa bersabut
Penanaman kadaka pada buah kelapa biasanya dipilih jenis kelapa gading. Waktu itu kelapa tersebut memang akan dibibitkan namun ada beberapa yang gagal maka muncul ide seperti ini. Ikat anakan kadaka pada salah satu sisi sabut kelapa . Ikat sedemikian rupa hingga bisa digantung.Setelah kadaka besar lepas tali pengikat agar penampilan cantik.
Anda tertarik, silakan mencoba!




Tidak ada komentar: